Minggu, 04 Mei 2014

kitab nikah (26)

فقه السنن

fiqh sunan – 26

 

كِتَابُ النِّكَاحُ

kitab nikah

 

1 – مِنَ السُّنَّةِ يَبْحَثُ الْزَوْجَ لِدِيْنِهِ وَخُلُقِهُ.

1. Termasuk sunnah yaitu mencari pasangan karena agama dan akhlaknya.

 

حَدَّثَنَا أحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ مُوسَى أخْبَرَنَا إسْحَاقُ بْنُ يُوسُفَ الأزْرَقُ أخْبَرَنَا عَبْدُالمَلِك ( بْنُ أبِي سُليْمان ) عَنْ عَطَاء ( بْنِ أبِي رَبَاح ) عَنْ جَابِرِ ( بنِ عَبْدِالله ) : عَنِ النبيِّ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ قالَ : إنَّ المَرأةَ تُنكحُ عَلى دِيْنِهَا وَمَالهَا وَجَمَالهَا فعَليْكَ بِذاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

( رواه الترمذي : 1088 )

… Dari Jabir (ibnu ‘Abdullah) bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, ‘Sesungguhnya perempuan dinikahi atas agamanya dan hartanya dan kecantikannya maka atas kamu dengan yang beragama. Berdebulah tanganmu (berkah)’.

 

خُلُقُ الإنسان يؤثر صَاحِبَهُ.

Akhlak manusia mempengaruhi temannya.

 

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ ( / بُنْدَار ) أخْبَرَنَا أبُو عَامِر ( العَقْدِيُّ ) وَأبُو دَاوُدَ قالا أخْبَرَنَا زُهَيْرُ بْنُ مُحَمَّد ( التمِيْمِي ) حَدَّثني مُوسَى بْنُ وَردَانَ عَنْ أبي هُرَيْرَة ( الدَّوسِي ) قالَ : قالَ رَسُولُ اللهِ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ : الرجُلُ عَلى دِينِ خَليلِهِ فَليَنظر أحَدكم مَن يُخَالِلُ

( رواه الترمذي : 2385 )

... Dari Abu Hurairah (Ad Dawsiy) berkata, ’Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, ‘Seorang laki – laki atas agama temannya. Maka lihatlah diantara kalian dengan siapa berteman’’.

 

2 – مِنَ السُّنَّةِ النَّظر قَبْلَ النِّكَاح.

2. Termasuk sunnah yaitu melihat (calon istri) sebelum menikah.

 

حَدَّثنا أحْمَدُ بْنُ مَنِيْعٍ أخْبَرَنَا ( يَحْيَى بْنُ زَكَرِيَّا ) بْنِ أبِي زَائِدَةَ حَدَّثنِي عَاصِمُ بْنُ سُليْمَانَ ( الأحْول ) عَنْ بَكرِ بْنِ عَبْدِاللهِ المُزَنيِّ عَنِ المُغِيْرَة بْنِ شُعْبَةَ ; أنهُ خطبَ امْرَأةً فقالَ النبي صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ : انظرْ إليْهَا فإنهُ أحرى أنْ يُؤدَمَ بَيْنكمَا

( رواه الترمذي : 1089 )

... Dari Al Mughirah ibnu Syu’bah bahwasanya dia melamar seorang perempuan. Kemudian Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,

 

‘Lihatlah kepadanya maka sesungguhnya akan lebih merukunkan diantara kalian berdua’.

 

حَدَّثنا قُتَيْبَةُ ( بْنُ سَعِيْد بْنِ جميل ) أخْبَرَنَا عَبْدُالعَزِيْزِ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو ( بْنِ علقمة ) عَنْ أبِي سَلمَةَ ( بْنِ عَبْدِالرَّحْمن ) عَنْ أبِي هُرَيْرَةَ ( الدَّوسِي ) قَالَ : قَالَ رَسُولُ الله صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ : اليَتِيْمَةُ تُسْتأمَرُ فِي نَفسِهَا فإنْ صَمَتَتْ فَهُوَ إذ نُهَا وإنْ أبَتْ فَلاَ جَوَازَ عَليْهَا

( رواه الترمذي : 1111 )

... Dari Abu Hurairah (Ad Dawsiy) berkata, ’Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, ‘Perempuan yatim dimusyawarahkan dengan dirinya.

 

Kemudian apabila diam maka dia izinnya. Dan apabila menolak maka janganlah menikahi atasnya’’.

 

3 – مِن شَاهِدِ الزَّوَاجِ شَاهِدَانِ عَادِلَانِ.

3. Termasuk saksi pernikahan yaitu dua orang saksi laki – laki yang adil.

 

حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ، عَنْ يَزِيدَ ( بْن إبْرَاهِيْم )، قَالَ : سَمِعْتُ الْحَسَنَ بْن أبِي الحَسَن ) يَقُولُ : لَا نِكَاحَ إلَّا بِوَلِيٍّ وَشَاهِدَيْ عَدْلٍ وَبِصَدَقَةٍ مَعْلُومَةٍ وَشهودٍ وَعَلَانِيَةٍ

( رواه ابن أبي شيبة : 16171 )

... Dari Yaziyd (ibnu Ibrahim) berkata, ’Saya mendengar Al Hasan (ibnu Abi Al Hasan) berkata,

 

‘Tidak ada pernikahan kecuali dengan wali dan dua saksi yang adil dan dengan mahar yang diketahui dan dipersaksikan dan terang-terangan’’.

 

4 – الوَلِيُّ مِنَ المُسْلِمَةِ : الأَبُ وَالْجَدُّ أبُو الأَبِ وَإنْ عَلَا وَالأَخُ الشَّقِيْقُ وَالأَخُ لِلْأَبِ وَابْنُ الأَخِ الشَّقِيْقُ وَابْنُ الأَخِ لِلْأَبِ.

4. Wali dari muslimah yaitu ayah, kakek dari pihak ayah dan naik ke atas, saudara kandung, saudara seayah, anak laki – laki dari saudara kandung, anak laki – laki dari saudara seayah.

 

وَالْعَمُّ الشَّقِيْقُ وَالْعَمُّ لِلْأَبِ وَابْنُ الْعَمِّ الشَّقِيْقُ وَابْنُ الْعَمِّ لِلْأَبِ.

paman yang sekandung dengan ayah, paman yang seayah dengan ayah, anak laki – laki dari paman yang sekandung dengan ayah, anak laki – laki dari paman yang seayah dengan ayah.

 

حَدَّثَنَا ( مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى ) بْنِ أبِي عُمَرَ أخْبَرَنَا سُفيَان بْنُ عُيَيْنَة عَنِ ( عَبْدِالمَلِك بْنِ عَبْدِالعَزِيْز ) بْن جُرَيْج عَنْ سُليْمان ( بْنِ مُوسَ الأمْوَي ) عَنْ ( مُحَمَّد بْنِ مُسْلِم بْنِ عُبَيْدِاللَّهِ بْنِ عَبْدِاللهِ بْنِ شهاب ) الزُّهْرِيّ عَنْ عُرْوَةَ ( بْنِ الزُّبَيْر ) عَنْ عَائِشةَ ( بِنْتِ أبِي بَكر ) ; أنَّ رَسُولَ اللهِ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ قالَ أيمَا امْرَأة نُكحَتْ بِغيْرِ إذنِ وَليِّهَا فَنِكاحُهَا بَاطِل فَنِكاحُهَا بَاطِل فَنكاحُهَا بَاطل فإنْ دَخَلَ بهَا فَلهَا المَهْرُ بِمَا اسْتحَل مِنْ فَرْجِها فإنِ اشتجرُوْا فالسلطانُ وَلِي منْ لا وَلِي لَهُ

( رواه الترمذي : 1104 )

... Dari ‘Aisyah (binti Abi Bakr) bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,

 

‘Setiap perempuan menikah dengan tanpa izin walinya maka nikahnya baathil, nikahnya baathil, nikahnya baathil.

 

Dan sesungguhnya masuk dengannya maka baginya mahar dengan sesuatu dasar menghalalkan dari farjinya.

 

Kemudian sesungguhnya pertengkaran maka sultan bagi siapa yang tidak ada wali baginya’.

 

حَدَّثنا قُتَيْبَةُ ( بْنُ سَعِيْد بْنِ جَمِيْل ) أخْبَرَنَا غُنْدَرٌ ( / مُحَمَّدُ بْنُ جعفر الهذَلِي ) أخْبَرَنَا سَعِيْد بْنُ أبي عرُوْبَةَ عَنْ قَتادَةَ ( بْنِ دِعَامَة ) عَنِ الحَسَنِ ( بْنِ أبِي الحَسَن ) عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدبٍ أنَّ رَسُولَ اللهِ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ قالَ : أيُّمَا امْرَأةٍ زوَّجَهَا وَلِيَّانِ فَهي لِلأوَّلِ مِنهُمَا وَمَنْ بَاعَ بَيعًا مِن رَجُلينِ فَهُوَ لِلأوَّل مِنهُمَا

( رواه الترمذي : 1112 )

... Dari Samurah ibnu Jundub bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,

 

‘Siapapun perempuan yang dinikahkan oleh kedua walinya maka baginya yang awal dari keduanya.

 

Dan siapa yang menjual kepada dua orang maka bagi yang awal dari keduanya’.

 

5 – مَهْرُ الزَّوَاجِ 480 دِرْهَمًا أوْ 1344 جِرَامَ الفِضَّةِ

( النساء : 4, 24 ).

5. Mahar penikahan 480 dirham atau 1344 gram perak (Al Qur’an surat An Nisaa’ ayat empat, Al Qur’an surat An Nisaa’ ayat 24).

 

حَدَّثنا ( مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى ) بْنُ أبِي عُمَرَ أخْبَرَنَا سُفيَانُ بْنُ عُيَيْنَة عَنْ أيُّوب ( بْنِ أبِي تمِيْمَة السختياني ) عَنْ ( مُحَمَّد ) بْنِ سيْرِيْنَ عنْ أبِي العَجْفاءِ قالَ : قالَ عُمَر بْنُ الخَطَّابِ ( بْنِ نُفيْل ) : ألا لا تُغالوا صَدَقَةَ النسَاءِ فإنهَا لو كانتْ مَكرُمَةً فِي الدنيَا أوْ تَقوى عِندَالله لكانَ أوْلاكمْ بِهَا نبيُّ اللهِ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ ما عَلِمْتُ رَسُولَ اللهِ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ نَكحَ شَيئا مِنْ نِسَائِه وَلا أنكح شَيئا مِنْ بَناتِه عَلى أكثرَ مِنْ ثِنتي عَشْرَةَ أوقِيَّة

( رواه الترمذي : 1117 )

... ‘Umar ibnu Al Khaththab (ibnu Nufayl) berkata, ‘Ingatlah janganlah kalian mempermahal sedekah perempuan. 

 

Maka sesungguhnya apabila mulia di dunia atau taqwa di sisi Allah baginya yaitu diantara kalian Nabi Allah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengannya.

 

Sesuatu yang saya tahu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menikah dari perempuannya dan tidak menikah dari anak – anak perempuan lebih banyak dari dua belas awqiyyah’.

 

مِنَ السُّنَّةِ وَلِيْمَةُ العُرْسِ.

Termasuk sunnah yaitu pesta pernikahan.

 

وَمِنَ السُّنَّةِ قَولُ بَارَكَ اللهُ وَبَارَكَ عَليْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكمَا فِي الخَيْر إلَى الْمُتَزَوِّجِ.

Dan termasuk sunnah yaitu perkataan, ’Semoga Allah memberkahi dan keberkahan atas kamu dan Dia mengumpulkan kalian berdua di dalam kebaikan’ kepada orang yang menikah.

 

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ ( بْنُ سَعِيْد بْنِ جميل ) أخْبَرَنَا عَبْدُالعَزِيْزِ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ سُهَيْل بْنِ أبِي صالِح عَنْ أبِيْهِ ( / أبِي صَالِح السَّمان ) عَنْ أبِي هُرَيْرَة ( الدَّوسِي ) ; أنَّ النبيَّ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ كانَ إذَا رفأ الإنسَانَ إذَا تزَوَّج قالَ : ( بَارَكَ اللهُ وَبَارَكَ عَليْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكمَا فِي الخَيْر )

( رواه الترمذي : 1093 )

... Dari Abu Hurairah (Ad Dawsiy) bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila mengucapkan selamat kepada orang yang menikah mengucapkan :

 

‘Semoga Allah memberkahi dan keberkahan atas kamu dan Dia mengumpulkan kalian berdua di dalam kebaikan’.

 

لَا وَلِيْمَةَ أكثَرُ مِنْ يَومَيْنِ.

Dilarang pesta pernikahan lebih dari dua hari.

 

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مُوسَى ( بن نفيع الحرشي ) البَصْرِيُّ أخْبَرَنَا زِيَادُ بْنُ عَبْدِاللهِ ( بْن الطُّفيْل ) أخْبَرَنَا عَطاء بْنُ السَّائِبِ عَنْ أبِي عَبْدِالرَّحْمنِ ( السُّلَمِي ) عَنِ ( عَبْدِالله ) بْنِ مَسْعُودٍ ( بْن غافل ) قالَ : قالَ رَسوْلُ اللهِ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ : طعَامُ أوَّلِ يَوْمُ حَق وَطعَام يَوْم الثانِي سُنة وَطعَامُ يَوْم الثالِثِ سُمْعَة وَمَنْ سَمَّعَ سَمَّعَ الله بِه

( رواه الترمذي : 1099 )

... Dari (’Abdullah) ibnu Mas’ud (ibnu Ghaafal) berkata, ’Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, ’Makanan hari pertama haq dan makanan hari kedua sunnah.

 

Dan makanan hari ketiga memperdengarkan. Dan barang siapa memperdengarkan maka Allah memperdengarkan dengannya di hari kiamat’’.

 

6 – لَا يَجُوزُ عَزْبٌ.

6. Tidak diperbolehkan membujang.

 

حَدَّثَنَا الحَسَنُ بْنُ عَلِي ( بْنِ مُحَمَّد الهَذَلِي ) الخَلاَّلُ وَغَيْرُ وَاحِد قَالوْا : أخْبَرَنَا عَبْدُالرَّزاق ( بْنُ همام ) أخْبَرَنَا مَعْمَر ( بْنِ رَاشِد ) عَن ( مُحَمَّدِ بْنِ مُسْلم بْنِ عُبَيْدِالله بْنِ عَبْدِالله بْنِ شِهاب ) الزُّهرِيِّ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ المُسَيَّبِ أنَّ سَعْدَ بْن أبِي وَقَّاص قَالَ : رَدَّ رَسُولُ اللهِ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ عَلَى عُثْمَانَ بْن مَظعُون التبتل وَلوْ أذنَ لَهُ لا خَتصَيْنا

( رواه الترمذي : 1085 )

… Bahwasanya Sa’iyd ibnu Abu Waqqaash berkata, ‘Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menolak ‘Utsman ibnu Mazh’un membujang dan apabila mengizinkan baginya maka kami akan berkebiri’.

 

7 – لَا يُجَامِعُ الزَّوْجَةَ فِي الحَائِضِ

( البقرة : 222 ).

7. Dilarang menyetubuh istri ketika haidh (Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 222).

 

العَزْلُ جَائِزٌ.

‘Azl diperbolehkan.

 

حَدَّثَنَا بُنْدَار ( / مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّار ) حَدَّثنا عَبْدُالرَّحْمنِ بْن مَهْدِي عَنْ سُفيان ( بْنِ سعيد الثوري ) عَنْ مَنْصُور( بْنِ المُعْتمِر ) عَنْ إبْراهِيْمَ ( بْنِ يَزِيْدِ بْنِ قَيْس النخعي ) عَن الأسْوَد ( بْنِ يَزِيْد ) عَنْ عَائِشَةَ ( بِنْتِ أبِي بَكر ) قالت : كان رَسُول اللهِ صَلى اللهُ عَليْه وَسَلمَ إذا حِضتُ يَأمُرُنِي أن أتزِرَ ثمَّ يُباشِرُني

( رواه الترمذي : 132 )

... Dari ‘Aisyah (binti Abi Bakr) berkata, ‘Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila kami haidh beliau memerintahkan kami untuk menutup kemudian bersenang – senang dengan kami'.

 

لَا يُجَامِعُ الزَّوْجَةَ فِي دُبُرِهَا.

Dilarang menyetubuh istri di duburnya.

 

حَدَّثَنَا أبُو سَعِيْدٍ الأشجُّ ( / عَبْدالله بْن سَعِيْدِ بْنِ حصيْن ) أخْبَرَنَا أبُو خَالِد الأحْمَر ( / سُليْمَانُ بْنُ حيان ) عَنْ الضَّحَّاك بْنِ عُثْمَان ( بْنِ عَبْدِالله ) عَنْ مخرمة بْنِ سُليْمَانُ عَنْ كريْب ( بْنِ أبي مسلم ) عَنْ ( عَبْدِاللهِ ) بْنِ عَبَّاسٍ قالَ : قالَ رَسُولُ الله صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ : لا ينظرُ اللهُ إلى رَجُلٍ أتى رَجُلاً أو امْرأةً فِي الدُّبُر

( رواه الترمذي : 1168 )

... Dari (‘Abdullah) ibnu ‘Abbas berkata, ‘Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, ‘Allah tidak melihat kepada seorang laki – laki yang mendatangi seorang laki – laki atau seorang laki – laki mendatangi perempuan di dubur’’.

 

8 – المَرْأةٌ التي تُرْضِعُ رَضِيْعًا فَهِيَ مُرْضِعٌ

( البقرة : 233 ).

8. Perempuan yang menyusui bayi yang masih menyusu maka dia menjadi ibu susuan (Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 233).

 

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ ( بْنُ سَعِيْد بْنِ جميل ) أخْبَرَنَا أبُو عَوَانَة ( / وَضَّاح ) عَنْ هِشامِ بْن عُرْوَة عَنْ فاطِمَةَ بِنْتِ المُنْذرِ عَنْ أمِّ سَلمَة ( / هِنْدٌ بِنْتِ أبِي أمَيَّة ) قالتْ : قالَ رَسُولُ اللهِ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ لا يُحَرِّم مِنَ الرضاعَة إلاَّ ما فتقَ الأمْعَاءَ فِي الثدْيِ وَكانَ قبْلَ الفِطام

( رواه الترمذي : 1155 )

... Dari Ummu Salamah ( / Hindun binti Abu Umayyah) berkata, ‘Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,

 

‘Tidak mengharamkan dari susuan kecuali sesuatu yang membuka usus – usus dan sebelum masa penyapihan’’.

 

وَلَا يَبِعْ أحَدٌ حَلِيْبَ الأُمِّ.

Dan dilarang menjual air susu ibu.

 

9 – جَوَازُ شَهَادَةِ المَرْأةِ عَلَى الإرْضَاعِ.

9. Diperbolehkan persaksian seorang perempuan atas penyusuan.

 

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ أخْبَرَنَا إسْمَاعِيْلُ بْنُ إبْرَاهِيْم ( بْن مِقْسَم ) عَنْ أيُّوبَ ( بْنِ أبِي تَمِيْمَة السختياني ) عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ ( عُبَيْداللهِ بْنِ أبِي ) مُليْكةَ قَالَ : حَدَّثني عبَيْدُ بْنُ أبِي مَرْيَم عَنْ عُقْبَة بْنِ الحَارِثِ قالَ ( وَسَمِعْتهُ مِنْ عُقبَةَ ولكِني لَحِدِيْث عُبَيْدٍ أحْفظ ) قَالَ : تزَوَّجْتُ امْرَأةً فَجَاءَ تنا امْرَأة سَودَاءُ فقالتْ : إني قَدْ أرْضَعْتكما فَأتيْتُ النبيَّ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ فَقلتُ : تَزَوَّجْتُ فُلاَ نَةَ بِنت فُلانٍ فَجَاءَ تنا امْرَأة سوْدَاءُ فَقالتْ : إني قَدْ أرْضَعْتكمَا وَهِيَ كاذبَة قالَ فَأعْرَضَ عَني قَالَ فَأتيْتهُ مِنْ قِبَلِ وَجْهه فَقلتُ : إنهَا كاذِبَة قالَ وَكيْفَ بِهَا وَقَدْ زَعَمَتْ أنهَا قَدْ أرْضَعَتكمَا دَعْهَا عَنكَ

( رواه الترمذي : 1154 )

... Dari ‘Uqbah ibnu Haarits … berkata, ‘Saya menikahi seorang perempuan. Kemudian datang kepada kami seorang perempuan hitam. Lalu perempuan hitam tersebut berkata, ‘Sesungguhnya saya telah menyusui kalian berdua’.

 

Maka saya mendatangi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu saya berkata, ‘Saya menikahi seorang perempuan.

 

Kemudian datang kepada kami seorang perempuan hitam dan dia berkata, ‘Sesungguhnya saya telah menyusui kalian berdua’. Dan dia berbohong’ …

 

Nabi berkata ‘Dan bagaimana dengannya dan dia telah berkata bahwasanya dia telah menyusui kalian berdua mengakuinya dari kamu’’.

 

كُلُّ مَا نُهِيَ عَنْهُ النَّسَبُ مُحَرَّمٌ أيْضًا بِسَبَب الرَّضَاعَةِ.

Apa saja yang dilarang karena nasab maka haram juga karena sebab persusuan.

 

10 – لَا يَجُوزُ نِكَاحُ المُتْعَةِ.

10. Tidak diperbolehkan menikah mut’ah.

 

حَدَّثَنَا ( مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى ) بْنِ أبِي عُمَرَ أخْبَرَنَا سُفيانُ ( بْنُ عُيَيْنَة ) عَنْ ( مُحَمَّدِ بنِ مُسْلم بنِ عُبَيْدِاللهِ بْنِ عَبْدِالله بن شهاب ) الزُّهْرِي عَنْ عَبْدِاللهِ والحَسَنِ ابني مُحَمَّدِ بْنِ عَلِي ( بْنِ أبِي طالِب ) عَنْ أبِيْهِمَا عَنْ عَلِيِّ بْنِ أبِي طالِبٍ أنَّ النبيَّ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ نهى عَن مُتعَةِ النسَاءِ وعنْ لُحُوم الحُمُرِ الأهْلِيَّة زمن خَيْبَر

( رواه الترمذي : 1124 )

... Dari ‘Ali ibnu Abi Thaalib bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari mut’ah perempuan dan dari membunuh himar / keledai yang jinak jaman perang khaibar.

 

11 – الحَامِلُ الَّتِي زَوْجَهَا قَدْ مَاتَ فَتَنْكِحُ بَعْدَ الولَادَةِ.

11. Perempuan hamil yang suaminya telah mati maka menikah kembali setelah melahirkan.

 

( حَدثَنَا ( إسْحاقُ بْنُ مُوْسَى ) الأنْصَارِي حَدَّثَنَا مَعْن بن عيسى بن يحيى ) حَدَّثَنَا مَالِك بْنُ أنَسٍ عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ أبي بَكر بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ عَنْ حمَيْدِ بْنِ نَافِعٍ عَنْ زَيْنَب بِنْتِ أبِي سَلمَة ) قَالت زَيْنَب ( بِنْتِ أبِي سَلمَة ) : فَدَخَلتُ عَلى زَيْنَبَ بِنْتِ جَحْشٍ حِيْن تُوفي أخُوهَا فَدَعَتْ بِطِيْب فَمَسَّتْ مِنهُ ثمَّ قالتْ : وَالله ! مَالِي فِي الطيْبِ مِن حَاجَة غيْرَأني سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ قَالَ لا يَحِلُّ لامْرَأةٍ تُؤ مِنُ بِاللهِ وَاليَوْمِ الآخِرِ أنْ تُحِدَّ عَلى مَيِّتٍ فَوْقَ ثَلاث ليَالٍ إلا عَلى زَوْجٍ أرْبعةَ أشْهُرٍ وَعَشْرًا

( رواه الترمذي : 1200 )

... Berkata Zainab (binti Abu Salamah) kemudian masuk atas Zainab binti Jahsy … Zainab binti Jahsy berkata, ‘Demi Allah! … sesungguhnya saya mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,

 

‘Tidaklah halal perempuan yang beriman kepada Allah dan hari akhir untuk berkabung atas mayat lebih dari tiga malam kecuali atas suami yaitu empat bulan dan sepuluh hari’’.

 

12 – مِنَ السُّنَّةِ أنْ يَغْسِلَ الفَرْجِ وَيَتَوَضَّأ بَعْدَ الجِمَاع وَقَبْلَ النَّومِ.

12. Termasuk sunnah yaitu membasuh kemaluan dan berwudhu’ setelah jimak dan sebelum tidur.

 

حَدَّثَنَا هَنَّادُ ( بنُ السَّرِي بنِ مُصْعَب ) حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ غِيَاثٍ ( بْن طَلق ) عَنْ عَاصِم ( بْنِ سُليْمَان ) الأحْول عَنْ أبِي المُتَوَكل ( / علي بْنِ دَاوُد ) عَنْ أبِي سَعِيْدٍ الخُدْرِيِّ عَنِ النَّبيِّ صَلى الله عَليْهِ وَسَلمَ قَالَ : إذَا أتى أحَدُكمْ أهْلهُ ثُمَّ أرَادَ أنْ يَعُودَ فَليَتوَضَّأ بَيْنهُمَا وُضُوءًا

( رواه الترمذي : 141 )

... Dari Abu Sa’iyd Al Khudriy dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, ‘Apabila mendatangi diantara kalian ahlinya / istrinya kemudian mengulangi kembali maka berwudhu’lah diantara keduanya dengan sekali wudhu’’.

 

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ المُثنى حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيْدٍ ( بْن فروخ القطَّان ) عَنْ عُبَيْدِاللهِ بْنِ عُمَرَ ( بْنِ حَفْص ) عَنْ نَافِعٍ ( مَولَى ابْن عُمَر ) عَنْ ( عَبْدِاللهِ ) بْنِ عُمَرَ ( بْن الخَطَّاب ) عَنْ عُمَرَ ( بْنِ الخَطَّاب بْنِ نُفَيْل ) : أنهُ سَألَ النبيَّ صَلى الله عَليْهِ وَسَلمَ : أيَنامُ أحَدُنا وَهُوَ جُنبٌ ؟ قَالَ : نَعَم إذَا تَوَ ضَّأ

( رواه الترمذي : 120 )

… Dari ‘Umar (ibnu Al Khaththab ibnu Nufayl) bahwasanya dia bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam diantara kami tidur dengan junub? Nabi berkata, ‘Ya, apabila dengan berwudhu’’.

 

13 – لَا يَجُوزُ نِكَاحُ الشِّغَارِ.

13. Tidak diperbolehkan menikah syighar.

 

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِالمَلِكِ بْنِ أبيْ الشَّوَارِبِ أخْبَرَنَا بِشْرُ بْنُ المُفَضَّلِ أخْبَرَنَا حُمَيْد ( بْنُ أبِي حُمَيْد ) وَهُوَ الطويل قَالَ : حَدَّثَ الحَسَنُ ( بن أبي الحسن ) عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْن ( بْنِ عُبَيْد ) عَنْ النَّبِيِّ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ قَالَ : لا جَلبَ وَلا جَنبَ وَلا شِغارَ فِيْ الإسْلامِ وَمَن انتهَبَ نُهْبَةً فَليْسَ مِنا

( رواه الترمذي : 1126 )

... Dari ‘Imraan ibnu Hushain (ibnu ’Ubaid) dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, ‘Janganlah jalaba dan janganlah janaba.

 

Dan janganlah nikah syighar di dalam Islam dan barang siapa merampas rampasan perang maka bukanlah dari golongan kami’.

 

14 – الْاِمْرُؤُ لَا يَقْتَرِنُ المَرْأةَ : البِنْتُ وَإنْ سَفَلَتْ وَالأُمُّ وَإنْ عَلَتْ وَالأُخْتُ الشَّقِيْقَةُ وَالأُخْتُ لِلْأَبِ وَالأُخْتُ لِلْأُمِّ.

14. Seseorang dilarang menikahi perempuan yaitu anak perempuan kandung dan turun ke bawah, ibu dan naik ke atas, saudari kandung, saudari seayah, saudari seibu.

 

وَبِنْتُ الأَخِ الشَّقِيْقَةُ وَإنْ سَفَلَتْ وَبِنْتُ الأَخِ لِلْأَبِ وَإنْ سَفَلَتْ وَبِنْتُ الأَخِ لِلْأُمِّ وَإنْ سَفَلَتْ.

anak perempuan dari saudara kandung dan turun ke bawah, anak perempuan dari saudara seayah dan turun ke bawah, anak perempuan dari saudara seibu dan turun ke bawah.

 

وَبِنْتُ الأُخْتِ الشَّقِيْقَةُ وَإنْ سَفَلَتْ وَبِنْتُ الأُخْتِ لِلْأَبِ وَإنْ سَفَلَتْ وَبِنْتُ الأُخْتِ لِلْأُمِّ وَإنْ سَفَلَتْ.

anak perempuan dari saudari kandung dan turun ke bawah, anak perempuan dari saudari seayah dan turun ke bawah, anak perempuan dari saudari seibu dan turun ke bawah.

 

والْعَمَّةُ الشَّقِيْقَةُ والْعَمَّةُ لِلْأَبِ والْعَمَّةُ لِلْأُمِّ وَالْخَالَةُ الشَّقِيْقَةُ وَالْخَالَةُ لِلْأَبِ وَالْخَالَةُ لِلْأُمِّ

( النساء : 23 ).

bibi yang sekandung dengan ayah, bibi yang seayah dengan ayah, bibi yang seibu dengan ayah, bibi yang sekandung dengan ibu, bibi yang seayah dengan ibu, bibi yang seibu dengan ibu (Al Qur’an surat An Nisaa’ ayat 23).

 

الْاِمْرُؤُ لَا يتزوج بالنساء : أُمّ الزَّوْجَةِ وَزوْجَةُ الابْنِ وَبِنْتُ الزَّوْجَةِ إذَا كَانَ يُجَامِعُ زَوْجَتَهُ وَزوْجَةُ الأَبِ

( النساء : 22 ).

Seseorang dilarang menikahi para perempuan yaitu ibu dari istri, istri dari anak laki – laki, anak perempuan dari istri apabila dia telah menggauli istrinya, istri dari ayah (Al Qur’an surat An Nisaa’ ayat 22).

 

15 – لَا يُحَدِّثُ النَّاسَ كيْفَ كان الْاِمْرُؤُ يُجَامِعُ زَوْجَتَهُ.

15. Dilarang menceritakan kepada manusia bagaimana seseorang menggauli istrinya.

 

16 – الحَمْوُ لَمْ يَكُنْ مَحْرَمًا.

16. Saudara ipar tidak termasuk mahram.

 

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ ( بْنُ سَعِيْدِ بْنِ جميل ) أخْبَرَنَا الليْثُ ( بْنُ سَعْد ) عَنْ يَزِيْدَ بْنِ أبِي حَبِيْبٍ عَنْ أبِي الخَيْر ( / مرثد بنِ عَبْدِالله اليزني ) عَنْ عُقبَةَ بْنِ عَامِر : أنَّ رَسُولَ اللهِ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ قالَ : إيَّاكمْ والدُّخُولَ عَلى النسَاءِ فقالَ رَجُلٌ مِنَ الأنْصَارِ : يَا رَسُولَ اللهِ ! أفرَأيْتَ الحَمْوَ ؟ قالَ الحَمو المَوْتُ

( رواه الترمذي : 1174 )

... Dari ‘Uqbah ibnu ‘Aamir bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, ‘Hati – hatilah kalian masuk pada perempuan’.

 

Kemudian seorang laki – laki Anshar berkata, ’Yaa Rasulullah, dengan saudara ipar?’ (Maka) Rasulullah (Shallallahu ‘alaihi wa sallam) berkata, ‘Saudara ipar yaitu maut’.

 

17 – لا يُجْمَعُ بَيْنَ المَرْأةِ وَعَمَّتِهَا فِي النِّكَاحِ.

17. Dilarang menggabungkan antara seorang perempuan dan bibinya (saudara ayah dari perempuan tersebut) dalam pernikahan.

 

حَدَّثَنَا الحَسَنُ بْنُ عَلِي ( بْنِ مُحَمَّد الهذلي ) أخْبَرَنَا يَزِيْدُ بْن هَارُوْنَ أخْبَرَنَا دَاوُدُ بْنُ أبِي هِنْدٍ أخْبَرَنَا عَامِر ( بْنُ شرَاحِيْل عَنْ أبِي هُرَيْرةَ ( الدَّوسِي ) أنَّ رَسُولَ اللهِ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ نَهَى أنْ تُنكحَ المَرْأةُ عَلى عَمَّتِهَا أو العَمَّةُ عَلى ابْنةِ أخيهَا أو المَرْأةُ عَلى خَالتِهَا أو الخَالةُ عَلى بِنْتِ أخْتِهَا وَلا تُنْكحُ الصُّغرى عَلى الكبْرى ولا الكبْرى عَلى الصُّغرى

( رواه الترمذي : 1129 )

... Dari Abu Hurairah (Ad Dawsiy) bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang menikahi seorang perempuan bersama bibinya (yaitu saudara ayah dari perempuan tersebut).

 

Atau bibi (yaitu saudara ayah) bersama anak perempuan dari saudaranya. Atau seorang perempuan bersama bibinya (yaitu saudara ibu dari perempuan tersebut).

 

Atau bibi (yaitu saudara ibu) bersama anak perempuan dari saudarinya. Dan beliau melarang dinikahi seorang yang kecil (yaitu keponakan) bersama seorang yang besar (yaitu bibi).

 

Dan beliau melarang dinikahi seorang yang besar (yaitu bibi) bersama seorang yang kecil (yaitu keponakan).

 

وَلا يُجْمَعُ بَيْنَ المَرْأةِ وَخَالتِهَا فِي النِّكَاحِ.

Dan dilarang menggabungkan antara seorang perempuan dan bibinya (saudara ibu dari perempuan tersebut) dalam pernikahan.

 

لا يُجْمَعُ بَيْنَ أُخْتَيْنِ فِي النِّكَاحِ

( النساء : 23 ).

Dilarang menggabungkan antara dua orang perempuan bersaudara dalam pernikahan (Al Qur’an surat An Nisaa’ ayat 23).

 

حَدَّثَنَا قُتيْبَةُ ( بْنُ سَعِيْد بْنِ جميل ) أخْبَرَنَا ( عَبْدُاللهِ ) بْنُ لُهَيْعَةَ عَنْ أبِي وَهْب الجَيْشَانِيِّ : أنه سَمِعَ ( الضَّحَّاك ) بْن فَيْرُوْزَ الدَّيْلمِيَّ يُحَدِّثُ عَنْ أبِيهِ ( / فَيْرُوْز الدَّيْلمِيَّ ) قالَ : أتَيْتُ النبيَّ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ فَقلتُ : يَا رسُولَ اللهِ ! إني أسْلمْتُ وَتحْتي أختانِ فقالَ رَسُولُ اللهِ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ : اخْترْ أيَّتهُمَا شِئتَ

( رواه الترمذي : 1132 )

... Dari ayahnya ( / Fayruwz Ad Daylamiy) berkata, ‘Saya mendatangi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian saya berkata,

 

’Yaa Rasulullah, sesungguhnya saya masuk Islam dan di bawah saya ada dua perempuan bersaudara’.

 

Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, ‘Khianati diantara mereka berdua yang kamu kehendaki’’.

 

18 – المُسْلِمَةُ لَا تَنْكِحُ بِالكَافِرِ

( البقرة : 221 ).

18. Muslimah dilarang menikah dengan orang kafir (Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 221).

 

19 – لا يتزوج الرجل بِأَكْثَرَ مِنْ اَرْبَعَةٍ النِّسَاءِ

( النساء : 3 ).

19. Seorang laki – laki dilarang menikahi perempuan lebih dari empat (Al Qur’an surat An Nisaa’ ayat 3).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar: