فقه السنن
fiqh sunan – 27
كِتَابُ الخُلْعِ والطَّلاقِ
kitab khulu’ dan talak
1 – الخَالِعُ فَلْتُعْطِ عِوَضًا.
1. Perempuan yang melakukan khulu’ maka dia wajib memberikan
kompensasi.
حَدَّثَنَا بذلكَ مُحَمَّد بْنُ بَشَّارٍ ( / بُنْدَار ) حدثه عَبْدُالوَهَّابِ ( بْن عَبْدالمجيْد
) الثقفِى حَدَّثَنَا أيُّوبُ ( بْن أبي تميْمة السختياني ) عَنْ أبي قِلابَة ( /
عَبْدِاللهِ بْنِ زَيْدِ بنِ عَمْرو ) عَمَّنْ
حَدثه عَنْ ثَوبانَ ; أنَّ رَسولَ الله صَلى الله عَليهِ وَسَلمَ قالَ : أيُّما امرأةٍ
سألتْ زَوْجَها طلاَقًا مِنْ غيرِ بأسٍ فَحَرَامٌ عَليها رَائِحةُ الجَنةِ
( رواه الترمذي : 1191 )
... Dari Tsauban bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam
berkata, ‘Bagaimanapun perempuan meminta kepada suaminya talak dari selain bahaya
/ siksaan maka haram atasnya bau surga’.
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ ( بْنُ سَعِيْدِ بْنِ جميل ) حَدَّثَنَا سُفْيَانُ
بْنُ عُيَيْنةَ عَنْ
( مُحَمَّد بْنِ مُسْلِم بْنِ عُبَيْدِاللَّه بْنِ عَبْدِالله بن شهاب ) الزُّهْرِيِّ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ
المُسَيَّبِ عَنْ أبيْ هُرَيْرَةَ ( الدَّوسِي ) يَبْلغُ بِهِ النبيَّ صَلى اللهُ عَليْهِ
وَسَلمَ قَالَ لا تَسَأل المَرأةُ طلاَقَ أخْتِهَا لتكفِئَ مَا فِي إنَائِهَا
( رواه الترمذي : 1194 )
... Dari Abu Hurairah (Ad Dawsiy) menyampaikan
dengannya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, ‘Janganlah kalian meminta
(seseorang) menalak perempuan (yaitu) saudaranya agar berbalik ke dirinya’.
الخُلْعُ مِن الطَّلَاقِ
وَزَمَنُ عِدَّةِ الخُلْعِ مِثْلُ زَمَنِ عِدَّةِ الطَّلَاقِ.
Khulu’ termasuk talak satu dan masa idah khulu’
sama dengan masa idah talak.
2 – زَمَنُ
العِدَّةِ إلَى اِنْتِهَاءِ زَمَنِ الطَّهْرِ الثَّالِثِ
( البقرة : 228 ).
2. Masa idah sampai dengan akhir masa penyucian yang ketiga (Al Qur’an
surat Al Baqarah ayat 228).
المُطَلِّقَةُ وَاليائسة فَعِدَّتُهَا ثَلَاثَةُ أشْهُرٍ
( الطلاق : 4 ).
Perempuan yang bercerai dan telah menopause maka idahnya tiga bulan (Al Qur’an surat Ath
Thalaaq ayat empat).
3 – الْاِمْرُؤُ
الَّذِيْ يُرِيْدُ أنْ يُطَلِّقَ زَوْجَتَهُ وَلَا يَقُوْلُ أيَّ ألفَاظِ
الطَّلَاقِ فَلَا طَلَاقَ قَطُّ.
3. Seseorang yang ingin menalak istrinya
dan tidak mengucapkan yaitu kata talak maka tidak ada perceraian sama sekali.
حَدَّثَنَا قُتيْبَةُ ( بْنُ سَعِيْد بْنِ جميل ) أخبَرنَا حَاتِمُ بنُ إسْماعِيْلَ
عنْ عَبْدِالرَّحْمنِ بْنِ ( حَبِيْبِ بْنِ أرْدَك ) المَدِيْنِيِّ عَنْ عَطاء ( بْنِ
أبِي رَباح ) عَنْ ( يُوْسُف ) بْنِ مَاهَكَ عَنْ أبِي هُرَيْرَة ( الدَّوسِي ) قالَ
: قالَ رَسُولُ الله صَلى اللهُ عَليْه وَسَلمَ : ثَلاَثٌ جِدُّهُنَّ جِد : وَهَزْ
لُهُنَّ جِد : النكاحُ وَالطلاَقُ وَالرَّجعَة
( رواه الترمذي : 1187
)
... Dari Abu Hurairah (Ad Dawsiy) berkata, ‘Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wa sallam berkata, ‘Tiga yang sungguh – sungguhnya maka sungguh – sungguh
dan berguraunya maka sungguh – sungguh yaitu nikah dan talak dan rujuk’’.
وَالمُجْبَرُ
الَّذِيْ يُطَلِّقُ زَوْجَتَهُ فَلَا طَلَاقَ قَطُّ.
Dan orang yang dipaksa menalak istrinya maka tidak ada perceraian sama sekali.
4 – الْاِمْرُؤُ الَّذِيْ يَقُوْلُ أيَّ ألفَاظِ
الطَّلَاقِ ثَلَاثٌ مَرَّاتٍ فِيْ قَوْلٍ وَاحِدٍ
فَقَدْ طَلَاقًا وَاحِدًا
( البقرة : 229, 230 ).
4. Seseorang yang mengucapkan talak yaitu kata talak tiga kali di dalam satu kali perkataan
maka telah talak satu kali
(Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 229, Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 230).
5 – الْاِمْرُؤُ الَّذِي يُطَلِّقُ زَوْجَتَهُ الَّتِيْ تَحِيْضُ فَقَدْ طلق طَلَاقًا وَاحِدًا وَليُرَاجِعْ زَوْجَتَهُ.
5. Seseorang yang menalak istrinya
yang haidh maka telah menalak talak yang pertama dan dia wajib merujuk istrinya.
وَبَعْدَ طُهْرِهَا
الثَّنِي فَزَوْجُهَا يُجَامِعُهَا أوْ يُطَلِّقُهَا طَلَاقًا ثَنِيًا.
Dan setelah penyuciannya yang kedua maka suaminya menggaulinya atau menalaknya talak
yang kedua.
حَدَّثَنَا قُتيْبَةُ ( بْنُ سَعِيْد بْنِ جميل ) أخْبَرَنَا حَمَّادُ بْنَ
زَيْدٍ عَنْ أيوبَ ( بْن أبي تَميْمَة السختياني ) عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيْرِيْنَ
عَنْ يُونُسَ بْنِ جُبَيْرٍ قَالَ : سَألتُ ( عَبْدالله ) بْن عُمَرَ ( بْن الخَّطاب
) عنْ رَجُلٍ طلقَ امْرَأتهُ وَهِيَ حائِضٌ فقال هَلْ تَعْرِفُ عَبْدَاللهِ بْنَ عُمَرَ؟
فَإنهُ طلقَ امْرَأتهُ وهِيَ حائِض فَسَألَ عُمَر ( بْن الخَطَّاب بْنِ نُفيْل ) النَّبيَّ
صَلى الله عَليْهِ وَسَلمَ فَأمَرَهُ أنْ يُرا جِعَها قالَ : قلتُ : فَيُعْتدبتِلكَ
التطلِيقةِ ؟ قَالَ : فَمَه أرَأيتَ إنْ عَجزَ واستحْمَقَ ؟
( رواه الترمذي : 1178 )
... Dari Yunus ibnu Jubayr berkata, ‘Saya bertanya kepada Ibnu ‘Umar
mengenai seorang laki – laki yang menalak perempuannya dan dia haidh'.
Maka Ibnu ‘Umar berkata, ‘Apakah kamu kenal ‘Abdullah
ibnu ‘Umar? Maka sesungguhnya dia menalak perempuannya dan dia haidh.
Kemudian ‘Umar (ibnu Al Khaththab ibnu Nufayl) bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Lalu diperintahkannya untuk merujuknya’.
Yunus ibnu Jubayr berkata, ‘dikatakan kepada Ibnu
‘Umar maka itu dihitung sebagai talak?’ Ibnu ‘Umar berkata, ‘Maka baginya walau
kamu melihatnya lemah dan bodoh?’.
6 – المَرْأةُ
الَّتِي قَدْ مَاتَ زَوْجُهَا
فَلْتَسْكُنْ فِي بَيْتِ زَوْجِهَا إلَى اِنْتِهَاءِ زَمَنِ العِدَّةِ
( البقرة : 234 ).
6. Seorang perempuan
yang suaminya telah mati maka dia wajib tinggal di rumah suaminya sampai dengan
akhir masa idah (Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 234).
7 – المَرْأةُ
الَّتِي قَدْ طَلِّقَ زَوْجُهَا بِطَلَاقٍ وَاحِدٍ أوْ بِطَلَاقٍ ثَانٍ فَلْتَسْكُنْ فِي بَيْتِ
زَوْجِهَا وَتَجِدُ نَفَقَةً
مِنْ زَوْجِهَا إلَى
اِنْتِهَاءِ زَمَنِ العِدَّةِ
( الطلاق : 1 ).
7. Seorang perempuan
yang suaminya telah menalak dengan talak yang pertama atau dengan talak yang
kedua.
Maka dia wajib tinggal di rumah suaminya dan dia mendapat
nafkah dari suaminya sampai dengan akhir masa idah (Al Qur’an surat Ath
Thalaaq ayat satu).
المَرْأةُ الَّتِي قَدْ طَلِّقَ
زَوْجُهَا بِطَلَاقٍ
ثَالِثٍ وَلَا تَسْكُنُ فِي بَيْتِ
زَوْجِهَا وَلَا تَجِدُ نَفَقَةً وَافْتَرَقَتْ بِزَوْجِهَا
أبَدًا.
Seorang perempuan
yang suaminya telah menalak dengan
talak yang ketiga dan dia tidak tinggal di rumah suaminya dan dia tidak mendapat
nafkah dan dia berpisah dengan suaminya selamanya.
8 – المَرْأةُ الحَمِلُ
قَدْ طَلِّقَ زَوْجُهَا بِطَلَاقٍ ثَالِثٍ فَهِيَ لَا تَسْكُنُ فِي بَيْتِ
زَوْجِهَا وَتَجِدُ نَفَقَةً
إلَى وَضْعِ حَمْلِهَا وَإرْضَاعِهِ حَتَّى يُكْمِلَ سَنَتَيْنِ
( الطلاق : 6 ).
8. Perempuan
hamil yang suaminya telah menalak untuk talak yang ketiga maka dia tidak tinggal
di rumah suaminya.
Dan mendapat nafkah sampai dengan persalinan dan menyusui
hingga menggenapi dua tahun (Al Qur’an surat Ath Thalaaq ayat enam).
حَدَّثَنَا هَنَّادُ (
بنُ السَّري بن مُصْعَب ) أخْبَرنَا جَرِيْرُ ( بنُ عَبْدِالحميدِ ) عَنْ مُغِيْرَة ( بنِ مِقْسَم ) عَن ( عَامِر بْنِ شرَاحِيْل ) الشَّعْبِيِّ قالَ: قالتْ
فَاطِمَةُ بِنْتُ قَيْسٍ : طلقنِي زَوْجِي ثَلاثا عَلى عَهْدِ النبيِّ صَلى
اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ فَقالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ : لا سكنى
لَكِ وَلا نَفقةَ ...
( رواه الترمذي : 1183 )
... Faathimah binti Qays berkata, ’Suami saya menalak tiga pada masa
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam
berkata, ‘Tidak ada tempat / rumah bagi kamu. Dan tidak ada nafkah’’.
9 – المَخْمُوْزُ الَّذِي يُطَلِّقُ فَلَا طَلَاقَ قَطُّ
( النساء : 43 ).
9. Orang yang mabuk yang menalak maka tidak ada perceraian sama sekali (Al Qur’an surat An Nisaa’ ayat 43).
10 – المُطَلَّقَةُ
وَلَمْ تُجَامَعْ فَلَا عِدَّةِ وَلَهَا نِصْفُ المَهْرِ
( البقرة : 236, 237 والأحزاب : 49 ).
10. Perempuan yang ditalak dan belum
disetubuh maka tidak ada idah dan baginya setengah mahar
(Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 236, Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 237, Al Qur’an surat Al Ahzaab ayat 49).
11 – إذَا كَانَ لدى المُطَلَّقَيْنِ أطْفَالٌ لَمْ يَبْلُغُوا بَعْدَ, فَإنَّ وَالِدَتَهُم سَتَعْتَنِيْ
بِهُمْ حَتَّى يَبْلُغُوا يَبْلُغُوا.
11. Apabila dua
orang yang bercerai terdapat anak – anak yang masih
belum dewasa maka sesungguhnya ibu mereka akan memelihara mereka hingga dewasa.
حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِي ( بْنُ نَصْر ) حَدَّثَنَا سُفيَانُ ( بْنُ عُيَيْنَة
) عَنْ زِيَاد بْنِ سَعْدٍ عَنْ
هِلاَلِ بْنِ أبِي مَيْمُوَنَةَ
الثعْلبيِّ عَنْ أبِي مَيْمُوَنَةَ عَنْ أبِي هُرَيْرَة ( الدَّوسِي ) أنَّ النبيَّ
صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ خَيَّرَ غُلاَمًا بَيْنَ أبِيْهِ وَأمِّه
( رواه الترمذي : 1362
)
... Dari Abu Hurairah (Ad Dawsiy) bahwasanya Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi pilihan kepada anak muda antara ayahnya dan
ibunya.
حَدَّثَنَا مَحْمُوْد بْنُ خَالِد السُّلمِي ثَنَا الوَلِيْدُ ( بْنُ مُسْلِم القرشي ) عَنْ أبي عَمْرو يَعْنِي (
عَبْدِالرَّحْمنِ بْنِ عَمْرِو بْنِ أبِي عَمْرِو ) الأوزاعِي حَدَّثنِي عَمْرِو بْن
شُعَيْب عَنْ أبِيْهِ ( / شعَيْب بْنِ مُحَمَّد بْنِ عَبْدِالله ) عَنْ جَدِّهِ /
عَبْدِاللهِ بنِ عَمْرِو ( بْنِ العَاص ) أنَّ امْرَأة قَالت : يَا رَسُول الله إنَّ
ابْنِي هذَا كانَ يَطنِي لَه وعَاء وَثَدْ يي لَه سِقاء وَحِجْري لَه حِواء وإن أباه
طلقنِي وأراد أن ينتزعه مِنِي فقال لها رَسول الله صَلى الله عَليْهِ وَسَلمَ أنتِ
أحق بِهِ ما لمْ تنكِحِى
( رواه أبو داود : 2276 )
... Dari kakeknya / ‘Abdullah ibnu ‘Amr (ibnu ‘Ash) bahwasanya seorang perempuan berkata,
’Yaa Rasulullah, sesungguhnya anak ini
saya yang merawatnya dan wadah dan payudara baginya memberi minum (susu).
Dan pangkuan baginya perlindungan dan sesungguhnya
ayahnya menalak saya dan dia ingin mengambilnya dari saya'.
Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata
kepadanya, ‘Kamu berhak dengannya selama kamu tidak menikah lagi’.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar