فقه السنن
fiqh sunan – 32
كِتَابُ الجِهَادِ
kitab jihad
1
– جَوَازُ قَتْلِ الأوْلادِ وَالنِّسَاءِ
وَالْمَشَايِخِ عِنْدَ الْحَرْبِ إذَا يُحَارِبُوْنَنَا.
1. Bolehnya membunuh anak – anak dan perempuan dan orang tua pada peperangan apabila mereka memerangi kita.
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ (
بْنُ سَعِيْد بْنِ جميل ) حَدَّثَنَا الليْثُ ( بْنُ سَعْد ) عَنْ نَافِع ( مَوْلَى
ابْن عُمَر ) عَنْ ( عَبْدِاللهِ ) بْنِ عُمَرَ ( بْنِ الخَطَّاب ) أخْبَرَهُ
: أنَّ امْرَأة وُجدَتْ فِي بَعْضِ مَغازِي رسُولِ اللهِ صَلى اللهُ عَليْهِ
وَسَلمَ مَقتوْ لَةً فَأنكرَ رَسُولُ اللهِ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ
ذلكَ وَنَهى عَنْ قَتلِ النسَاءِ وَالصِّبْيَانِ
( رواه الترمذي
: 1575 )
... Dari (’Abdullah) ibnu ‘Umar (ibnu Al Khaththab) yang telah
mengabarkan kepadanya bahwasanya seorang perempuan mati di dalam sebagian
peperangan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingkari hal itu dan melarang
dari membunuh perempuan dan anak – anak.
2 – لَا يَقْتُلُ بِالنَّارِ وَلَا
يُعَذِّبُ أسَارَى الْحَرْبِ.
2. Dilarang membunuh dengan
api dan dilarang menyiksa para tawanan perang.
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ (
بْنُ سَعِيْد بْنِ جميل ) حَدَّثَنَا الليْثُ ( بْنُ سَعْد ) عَنْ بُكيْرِ بْنِ
عَبْدِاللهِ ( بْنِ الأشَجِّ ) عَنْ سُليمَان بْن يَسَارٍ
عَنْ أبِي هُرَيْرَة ( الدوسي ) قَالَ : بَعَثنا رَسُولُ الله صَلى
اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ فِي بَعْثٍ فَقالَ : إنْ وَجَدْتُمْ فلانا وَفُلانًا
لرَجُليْن منْ قُرَيْش فأحر قُوهُمَا بالنار ثُمَّ قَالَ رَسُولُ الله صَلى اللهُ
عَليْه وَسَلمَ حينَ أرَدْنا الخروْجَ : إني كنت أمرْ تكمْ أنْ تحْرقوا فلاًنا
وفُلانا بالنار وَإن النارَ لا يُعذبُ بهَا إلا اللهُ فإن وَجَدتمُوهُمَا
فاقتلوهُمَا
( رواه الترمذي
: 1577 )
... Dari Abu Hurairah (Ad Dawsiy) berkata, ’Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wa sallam mengutus mengirimkan kami di dalam suatu sebuah misi.
Maka beliau berkata, ‘Apabila kalian mendapatkan fulan dan fulan dari
quraisy maka bakarlah keduanya dengan api’.
Kemudian ketika kami hendak keluar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam
berkata, ’Sesungguhnya saya memerintahkan kalian membakar fulan dan fulan
dengan api.
Dan sesungguhnya tidaklah mengadzab dengan api kecuali Allah. Maka apabila
kalian mendapatkan keduanya maka bunuhlah keduanya’’.
3 – جَوَازُ قَطْعِ الْأشْجَارِ
وَهَدْمِ الْبِنَاءِ عِنْدَ الْحَرْبِ إذَا كِلَاهُمَا
يُسْتَعْمَلَانِ فِيْهِ.
3. Diperbolehkan memotong pepohonan dan
meruntuhkan bangunan pada peperangan apabila keduanya
dipergunakan di dalamnya.
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ (
بْنُ سَعِيْد بْنِ جميل ) حَدَّثَنَا الليْثُ ( بْنُ سَعْد ) عَنْ نَافِع ( مَوْلَى
ابْن عُمَر ) عَنْ ( عَبْدِاللهِ ) بْنِ عُمَرَ ( بْنِ الخَطَّاب ) أن
رَسُولَ اللهِ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ حرق نخلَ بَنِي النضِير وقطعَ وَهِيَ البُوَيْرَة
فأنزَلَ الله : ( ما قطعْتمْ مِن لِيْنةٍ أوْ تركتمُوْهَا قائِمَة عَلى أصُولِهَا
فبإذن اللهِ وَلِيُخزيَ الفاسِقِيْنَ ) ( الحشر : 5 ).
( رواه الترمذي
: 1557 )
... Dari (’Abdullah) ibnu ‘Umar (ibnu Al Khaththab) bahwasanya
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam membakar pohon kurma Bani Nadhr dan
memotong dan beliau merusaknya.
Kemudian Allah menurunkan ayat yaitu ‘Apa saja yang kamu potong dari pohon
kurma atau kamu biarkan tumbuh di atas pokoknya maka yaitu dengan izin Allah
dan karena Dia hendak merendahkan orang – orang yang fasik’ (Al Qur’an surat Al
Hasyr ayat lima).
4 – المَرْأةُ تَأخُذُ الغَنِيْمَةَ إذَا تُسَاعِدُ الْمُسْلِمِيْن
عِنْدَ الْحَرْبِ
( الفتح :
19, 20 ).
4. Perempuan mendapat harta
rampasan perang apabila dia membantu kaum muslimin pada peperangan
(Al Qur’an surat Al Fath
ayat 19, Al Qur’an surat Al Fath ayat dua puluh).
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ (
بْنُ سَعِيْد بْنِ جميل ) حَدَّثَنَا حَاتمُ بْنُ إسْمَاعِيْلَ عَنْ جَعْفرِ بْن
مُحَمَّدِ ( بْنِ علي ) عَن أبِيْهِ ( / مُحَمَّد بْنِ علي بن الحُسَيْن ) عَنْ يَزيْدَ بْن هُرْمز أن نَجْدَة ( بْن نُفَيع ) الحَرُوْرِي كتبَ إلى ( عَبْدالله ) بْنِ عَبَّاسٍ
يَسْألهُ هَلْ كانَ رَسُولُ الله صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ يَغزُوْ بِالنسَاءِ ؟
وَهَل كانَ يَضْرِبُ لَهُنَّ بِسَهْمٍ ؟ فَكتبَ إليهِ ابْنُ عَبَّاس : كتبْت إلىَّ تَسْألنِيْ هَلْ كانَ رَسُولُ اللهِ صَلى
اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ يَغزُوْ بِالنسَاءِ وَكان يَغزُوْبِهنَّ فَيُدَاويْنَ
المَرْضَى وَيُحْذَيْنَ مِنَ الغنِيْمَةِ وَأمَّا يُسْهمُ فَلمْ يَضْرِبْ لَهُنَّ
بِسَهْم
( رواه الترمذي :
1562 )
... Dari Yaziyd ibnu Hurmuz bahwasanya Najdah (ibnu Nufay’) Al
Haruriy menulis kepada (’Abdullah) ibnu ‘Abbas bertanya kepadanya apakah
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berperang dengan perempuan?
Dan apakah memberikan bagian kepada mereka ? Kemudian Ibnu ‘Abbas menulis
kepadanya : kamu menulis kepadaku menanyakan apakah Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wa sallam berperang dengan perempuan dan beliau berperang dengan
mereka.
Maka mereka melayani orang yang sakit dan mengambil dari rampasan
perang. Dan menjadikan bagian dan tidak membuat bagi mereka
seluruh bagian.
5
– الكَافِرُ يَأخُذُ الغَنِيْمَةَ إذَا يُسَاعِدُ الْمُسْلِمِيْن عِنْدَ
الْحَرْبِ.
5. Orang kafir mendapat harta rampasan
perang apabila dia membantu kaum muslimin ketika perang.
حَدَّثَنَا ( إسْحاقَ بْنُ
مُوسَى ) الأنْصَارِيُّ حَدَّثنا مَعْنٌ ( بْن عيسى بْنِ يحيى ) حَدَّثَنَا مَالِك بْن أنَسٍ عَنِ الفضَيْلِ بْنِ أبِي
عَبْدِاللهِ عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ نِيَارٍ الأسْلمِيِّ عَنْ عُرْوَة (
بْنِ الزُّبَيْر ) عَنْ عَائِشَة ( بِنْتِ أبِي بَكر ) أنَّ رَسُولَ الله صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ خَرَجَ إلى
بَدْرٍ حَتى إذَا كانَ بحَرَّةِ الوَبْر لحِقه رَجُلٌ مِنَ المُشْركِيْنَ يَذكر
مِنهُ جُرْأةً وَنَجْدَة فَقالَ لَهُ النبيُّ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ :
تُؤمِنُ باللهِ وَرسُو لِهِ ؟ قَالَ : لا قَالَ : ارْجِع فَلنْ أسْتعِيْنَ
بِمُشْرِكٍ ...
( رواه الترمذي
: 1564 )
... Dari ‘Aisyah (binti Abi Bakr) bahwasanya Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar ke Badr hingga ketika di Bahratul Wabr
menyusul seorang laki – laki dari kaum musyrik yang menyebutkan dirinya
pemberani dan kuat.
Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, ‘Kamu beriman kepada Allah
dan Rasul–Nya?’ Laki – laki musyrik itu menjawab, ‘Tidak’. Maka Nabi berkata,
‘Kembalilah karena kami tidak meminta tolong kepada orang musyrik’.
6 – مَالُ الْكَافِرِ المَقْتُولِ عِنْدَ الْحَرْبِ
فَهُوَ لِلْمُسْلِمِ الَّذِي قَتَلَهُ إذَا يُوْجَدُ شَاهِدٌ أوْ يَشْهَدُ
عَلَيْهِ.
6.
Harta orang kafir yang terbunuh ketika perang maka dia milik muslim yang telah membunuhnya apabila dia terdapat
saksi atau dia bersaksi atasnya.
حَدَّثَنَا ( إسْحاقَ بْنُ
مُوسَى ) الأنْصَارِيُّ حَدَّثَنَا مَعْنٌ ( بْنُ عيسى بْنِ يحيى ) حَدَّثَنَا مَالِكُ بْنُ أنَسٍ عَنْ يَحْيَى بْنِ
سَعِيْد ( بْنِ قَيْس ) عَنْ عُمَرَ بْنِ كثِيْرِ بْنِ أفلحَ ( المدني ) عَنْ أبِي مُحَمَّد ( / نافِع بْن عَبَّاس ) موْلى أبِي قَتادَة
( الأنْصَارِي ) عَن ابِي قَتادَة ( الأنْصَارِي ) قالَ :
قَالَ رَسُول اللهِ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ مَنْ قَتلَ قَتِيلاً لَهُ عَليْهِ
بَيِّنةٌ فَلهُ سَلبُهُ ...
( رواه الترمذي
: 1568 )
... Dari Abu Qataadah (Al Anshari) berkata, ’Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,
‘Barang siapa yang membunuh atas orang yang dibunuh baginya bukti / saksi
maka baginya barang rampasannya’’.
مَالُ الْكَافِرِ المَقْتُولِ عِنْدَ الْحَرْبِ
يُعْطَى إلَى الأمِيْرِ قَبْلَ يعْطَى إلَى الْمُسْلِمِ الَّذِي قَتَلَهُ.
Harta orang kafir yang
terbunuh ketika perang diberikan kepada penguasa sebelum diberikan kepada
muslim yang telah membunuhnya.
7
– الإفَاءَةُ : هِيَ المَالُ وُجِدَ بِدُوْنِ حَرْبٍ
وَالغَنِيْمَة : هِيَ المَالُ وُجِدَ بِحَرْبٍ
( الأنفال
: 41 والحشر : 6 - 8 ).
7. Fa’i yaitu
harta yang didapatkan dengan tanpa berperang dan ghanimah yaitu harta yang
didapatkan dengan berperang
(Al Qur’an surat Al
Anfaal ayat 41, Al Qur’an surat Al Hasyr ayat enam – delapan).
حَدَّثنا ( مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى ) بْنُ أبِي عُمَرَ (
المكي ) حَدَّثنا سُفيَان ( بْنُ عُيَيْنَة ) عَنْ عَمْرِوْ بْنِ
دِيْنار ( المكي ) عَنْ ( مُحَمَّدِ بنِ مُسْلم بنِ عُبَيْدِالله بنِ عَبْدِالله ) بْنِ شِهَابٍ (
الزُّهْرِيِّ ) عَنْ مَالِكِ بْن أوْسِ بْنِ الحدثانِ قالَ : سَمِعْتُ
عُمَرَ بْنَ الخَطَّابِ ( بْن نُفَيْل ) يَقولُ : كانت أمْوَالُ بَنِي النضِيْرِ
مِمَّا أفاءَ اللهُ عَلى رَسُولِهِ مِمَّا لَمْ يُوجِف المُسْلِمُونَ عَليْهِ
بِخَيلٍ وَلاَ رِكاب فَكانتْ لِرَسُولِ اللهِ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ خَالِصا
فَكانَ رَسُولُ اللهِ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ يَعْزِلُ نَفقةَ أهْلِهِ سَنةً
ثُمَّ يَجْعَلُ مَا بقي فِي الكرَاعِ وَالسِّلاَحِ عُدَّةً فِي سَبيْلِ اللهِ
( رواه الترمذي
: 1725 )
... ’Umar ibnu Al Khaththab (ibnu
Nufayl) berkata, ’Harta Bani Nadhir dari apa fa’i Allah kepada Rasul–Nya. Dari
apa yang tidak kaum muslim melarikan kuda dengan cepat dan tidak melarikan
kendaraan lainnya.
Dan bagi Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam murni dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
sallam memisahkan nafkah keluarganya satu tahun hingga menjadikan sesuatu
sisanya dari sejumlah kuda dan senjata di jalan Allah’.
الإفَاءَةُ لا
يَجِبُ أنْ يُقْسَمَ خَمْسَةُ تَقْسِيْمٍ وَقِسْمَتُهُ عَلَى قَرَارِ الأمِيْرِ.
Fa’i tidak wajib
dibagi menjadi lima bagian dan pembagiannya atas keputusan penguasa.
وَمِنَ السُّنَّةِ تَوْفِيْرٌ
( النساء : 9 ).
Dan termasuk sunnah
yaitu menabung (Al Qur’an surat An Nisaa’ ayat sembilan).
8 – لَا يَصُومُ فِي الْحَرْبِ.
8. Dilarang berpuasa ketika perang.
حَدَّثَنَا أحْمَدُ بْنُ
مُحَمَّدِ بْنِ مُوسَى حَدَّثَنَا عَبْدُالله بْنُ المُبَارَكِ حَدَّثَنَا سَعِيدُ
بْنُ عَبْدالعَزِيْزِ عَنْ عَطِيَّةَ بْنِ قَيْس ( الكلابي ) عَنْ قَزَعَة ( بْنِ يَحْيَى ) عَنْ أبِي سَعِيْدٍ
الخُدْرِيِّ قالَ : لمَّا بَلغَ النبيُّ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ عَامَ الفتحِ
مَرَّ الظهْرانِ فآذننا بِلِقاءِ العَدُوِّ فَأمَرَنَا بَالفِطرِ فأفطرْنَا
أجْمَعِيْنَ
( رواه الترمذي
: 1690 )
... Dari Abu Sa’iyd Al Khudriy berkata, ’Ketika Nabi Shallallahu
‘alaihi wa sallam telah sampai tahun kemenangan beliau melewati Azh Zhahran.
Maka beliau memberitahu kami dengan pertemuan musuh. Lalu beliau
memerintahkan kami berbuka. Kemudian kami berbuka berjama’ah’.
9
– الْمُسْلِمُ
الَّذِي يَسِيْرُ إلى الْمَسْجِدِ لِصَلَاةِ الجُمُعَةِ فَهُوَ فِي سَبِيْلِ اللَّهِ.
9. Muslim yang berjalan
ke masjid untuk shalat jum’at maka dia di jalan Allah.
حَدَّثَنَا ابُو عَمَّار (
المَرْوَزِي / الحُسَيْن بْن الحُرَيْث ) حَدَّثَنَا الوَلِيْد بْنُ مُسْلم
( القرشي ) عَنْ يَزِيْدَ بْنِ أبي مَريَمَ قالَ : لَحِقنِي عَبَايَةُ بْنُ
رِفَاعَةَ بْنُ رَافِعٍ وَأنا مَاش إلى الجُمُعَةِ فَقالَ : ابْشِرْ فَإنَّ خُطاكَ
هذِهِ فِي سَبيْلِ اللهِ سَمِعْتُ ابَا عَبْسٍ يَقولُ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلى
اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ : مَنِ اغْبَرَّتْ قَدَمَاهُ فِي سَبيْلِ اللهِ فَهُمَا
حَرَامٌ عَلى النار
( رواه الترمذي
: 1638 )
... Dari Yaziyd ibnu Abi Maryam
berkata, ‘Abaayah ibnu Rifa’ah dan saya berjalan untuk shalat jum’at’.
Maka dia berkata, ’Bergembiralah, maka sesungguhnya langkah – langkahmu di
jalan Allah’. Saya mendengar Abu ‘Abs berkata,
’Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, ‘Barang siapa berdebu
melintasi sesuatunya di jalan Allah maka keduanya haram atas neraka’.
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ
سَهل بْنِ عَسَكرٍ حَدَّثَنَا القَاسِمُ بْنُ كثِيْر ( النُّعْمَان ) حَدَّثَنَا عَبْدُالرَّحْمن بْنُ
شُرَيْحٍ أنهُ سَمعَ سَهْلَ بْن أبِي أمَامَةَ بْن سَهْلِ بْنِ حُنيْفٍ يُحَدِّثُ
عَنْ أبِيْهِ ( / أبِي أمَامَةَ / أسْعَد بْن سَهْلِ بْنِ حُنيْفٍ
) عَنْ جَدِّهِ ( / سَهْلِ بْنِ حُنيْفٍ ) عَنِ
النبيِّ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلمَ قالَ : مَنْ سَألَ اللهَ الشهَادَةَ مِن
قَلبهِ صَادِقاً بَلغهُ اللهُ مَنازِلَ الشُّهَدَاءِ وَإنْ مَاتَ عَلى فِرَاشِهِ
( رواه الترمذي : 1659 )
... Dari kakeknya ( / Sahl ibnu Hunaif) dari Nabi Shallallahu
‘alaihi wa sallam berkata, ‘Barang siapa meminta kepada Allah syahid dari hatinya
dengan jujur maka Allah menyampaikan ke derajat syahid dan apabila mati di atas
tempat tidurnya’.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar